Analisa Asal-Usul Kehidupan di Bumi

alt



Kehidupan di Bumi kemungkinan memiliki asal-usul dari angkasa luar, menurut penelitian NASA, seperti dilansir Daily Mail (8/8).






Para ilmuwan telah menganalisa sejumlah meteorit yang terbentuk miliaran tahun lalu sebelum jatuh ke Bumi.



Beberapa bongkahan meteorit yang telah ditemukan mengandung bahan kimia mirip dengan salah satu komponen kunci DNA, blok-blok kehidupan.



Beberapa pengujian menunjukkan bahwa kandungan bahan kimia ini tidak dapat dijelaskan dengan tuntas oleh kontaminasi Bumi, yang menunjukkan asal-usul DNA dari angkasa luar.



Temuan ini bermula dari sejumlah ilmuwan AS (peneliti NASA), yang menganalisa kandungan kimia 12 meteorit.




Menulis dalam jurnal Proceeding of National Academy of Science, para peneliti mengatakan bahwa mereka telah menemukan adanya ‘keterlibatan berjangkauan luas’.



Dr. Michael Callahan, penulis dari NASA Goddard Space Flight Center di Maryland, mengatakan, “Bersamaan dengan hantaman meteorit dan komet pada Bumi masa lampau, nampak bahwa peristiwa tersebut telah menyisakan sejumlah materi yang sangat penting.”



Penelitian sebelumnya menemukan bahwa meteorit memberi andil dua dari tiga bahan dasar bagi kehidupan.




Kandungan tersebut meliputi asam amino, kandungan penting yang membentuk rangkaian protein dan bahan kimia yang dibutuhkan sel untuk memungkinkan terciptanya selaput membran. Bahan-bahan kimia ini dalam DNA adalah sepertiga.